W E L C O M E

Selamat datang di kawasan bebas berekspresi

Sabtu, 11 April 2009

Panas Bumi Sebagai Sumber Pemasukan di Masa Depan



Listrik sudah menjadi kebutuhan primer dalam masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya permintaan terhadap pemasangan listrik tiap tahunnya. Kebutuhan listrik ini rupanya belum dapat dipenuhi sepenuhnya, karena bangsa ini masih menggunakan bahan bakar sebagai pembangkit energi dari bahan bakar yang terbatas jumlahnya. Sebenarnya Indonesia sangat kaya akan energi-energi alternatif yang potensial. Salah satunya panas bumi
Indonesia sangat kaya akan panas bumi, hal ini disebabkan karena letak Indonesia di zona subduksi yang menghasilkan volcanic arc. Indonesia sangat kaya akan panas bumi 40% dari energi panas bumi di dunia terdapat di Indonesia. Jumlah minyak bumi yang semakin menipis dapat menjadikan panas bumi yang jumlahnya tak terhingga menjadi salah satu energi alternatif untuk kedepannya. Apabila Indonesia sudah dapat mengembangkan teknologi untuk menggunakan panas bumi sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik, sehingga indonesia tidak lagi kekurangan listrik dan proses produksi tidak lagi mengalami kendala. Karena listrik juga salah satu faktor penting dalam proses produksi. Karena sampai sekarang Indonesia hanya baru dapat memekai 1 Gigawatt dari 27 Gigawatt yangdapat dicapai dengan panas bumi.
Tetapi kelemahan bangsa Indonesia hanya dapat memproduksi sumber daya alam tetapi lemah dalam melakukan proteksi. Dalam proses produksi satu sumber daya alam hanya fokus terhadap satu pekerjaan saja tetapi tidak memperhitakan lingkungan yang lain. Maka apabila pemerintah ingin mengembangkan potensi-potensi sumber daya yang tersedia harus memperhatikan proteksinya juga jangan hanya memperhatikan produksinya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar