W E L C O M E

Selamat datang di kawasan bebas berekspresi

Minggu, 24 Mei 2009

Remed Geo

  1. Terumbu karang lebih banyak tumbuh di daerah tropis daripada di daerah subtropis karena terumbu karang dapat hidup dengan subur apabila terumbu karang muda mendapatkan sinar matahari yang cukup dan suhu perairannya sejuk. Perairan tropis sangatlah kaya akan sinar matahari dibandingkan perairan subtropis yang disinari matahari lebih sedikit dibandingkan perairan tropis, sehingga terumbu karang akan lebih banyak di perairan tropis.

     2.  Pembentukan atol diawali dengan karang tepi yang tumbuh mengelilingi pulau vulkanis                  ketika dasar laut menurun, pulau vulkanis secara perlahan mulai tenggelam tetapi                          terumbu karang terus bertumbuh ke atas, sehingga terumbu karang terlihat seperti cincin            yang mengelilingi pulau vulkanis yang sudah tenggelam, terumbu karang ini disebut atol.

     3.   Macam-macam laut berdasarkan kedalaman

  • Zona litoral, yaitu bagian lautan yang terletak di antara kondisi saat air laut pasang naik dan pasang surut
  • Zona neritik, yaitu bagian lautan yang dalamnya berkisar antara 50 – 150 m. Wiliayah ini dapat ditembus oleh cahaya matahari sehingga kehidupan hewan dan tumbuhan paling banyak di wilayah ini.
  • Zona batial, yaitu bagian laut yang kedalamannya 150 – 2000 m, sehingga cahaya matahari tidak dapat menembus sampai dasar laut. Jenis binatang masih dapat hidup di kedalamn ini, tetapi tumbuhan jauh berkurang dibandingkan zona neritis.
  • Zona abisal, ialah bagian lautan yang dalamnya lebih dari 2000m, suhu di wilayah ini sangat rendah, sehingga sudah tidak ada lagi tumbuhan. Beberapa hewan laut ada yang mampu hidup di zona ini.
  • Basin, ialah dasar laut yang dalam berbentuk seperti baskom besar.

           Macam-macam bentuk pantai

  • Pantai Datar

    Pantai datar adalah pantai dengan kondisi bentuk pantai yang mendatar. Contohnya Pantai Ancol (DKI Jakarata ) dan Pantai Anyer ( Banten )

  • Pantai Laguna

    Pantai Laguna adalah pantai yang menyerupai bentuk seperti danau di dekat pantai. Pantai ini seperti tertutup oleh lingkaran batu karang yang menghalangi ombak dari lautan lepas langsung masuk ke pantai.

  • Pantai Berpasir

    Pantai berpasir adalah bentuk pantai yang landai atau datar dengan dominasi pasirnya yang sangat banyak. Contohnya Pantai Parangtritis ( Yogyakarta )

  • Pantai Curam (Cliff)

    Pantai curam adalah pantai yang berbentuk dinding-dinding curam. Ombak di pantai ini terus menerus mengerosi dinding pantai sehingga bentuk dinding makin curam. Pantai curam terdapat di selatan Jawa dan barat Sumatera

  • Pantai Fyord

    Pantai Fyord adalah pantai yang mempunyai bentuk seperti huruf U yang curam. Pantai ini terjadi akibat adanya proses pencarian es menuju laut di Negara beriklim dingin.

  • Pantai Estuaria

    Pantai estuaria adalah pantai yang berbentuk seperti corong. Pantai ini terdapat di muara sungai atau tempat bertemunya air sungai dengan air laut.

  1. Salinitas pada daerah estuarria rendah karena pantai estuaria terdapat di daerah muara yaitu tempat bertemunya air laut dengan air sungai. Air laut yang memiliki salinitas tinggi bercampur dengan air sungai yang memiliki salinitas rendah, sehingga air yang terdapat di daerah estuaria memiliki salinitas rendah
  2. Temperatur air laut bervariasi karenakedalaman laut yang berbeda-beda. Pada permukaan laut yang terkena cahaya matahari langsung secara terus-menerus akan memiliki temperatur yang panas, sedangkan air di dasar laut yang lebih dalam dan tidak terkena matahari tidak secara langsung terus menrus akan memiliki temperatur yang lebih dingin.
  3. Perairan di padang lamun relative tenang karena padang lamun tumbuh di daerah lumpur dan berpasir, sehingga arus yang mengalir ke pantai akan melambat karena terhambat oleh pasir dan lumpur.
  4. Fungsi Mangrove
  • Pemecah gelombang alami
  • Penahan abrasi
  • Tempat bertelur ikan
  • Bahan baku arang
  1. Di selatan Jawa tidak terdapat hutan mangrove karena, selatan Jawa merupakan samudera dengan ombak yang sangat deras, sedangkan mangrove dapat hidup subur apabila bakau muda terlindung dari gempuran ombak dan arus pasang surut yang kuat.


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar