W E L C O M E

Selamat datang di kawasan bebas berekspresi

Rabu, 13 Mei 2009

Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan salah satu sumber daya alam yang ada di pesisir laul. Terumbu karang terdapat di seluruh perairan dunia namun terumbu karang tumbuh subur di daerah tropis. Terumbu karang terbentuk dari endapan kalsium karbonat yang dihasilkan oleh organisme karang, alga berkapur, dan organis lainnya, yang menghasilkan kalsium.
Fungsi terumbu karang
Fungsi Ekologi : - Penyedia nutrigen bagi biota
- Berkembangnya biota laut
Fungsi Ekonomi : - Penghasil ikan, udang, alga, teripang
- Bahan Bangunan
- Cinderamata

Jenis-Jenis Terumbu Karang
1. Terumbu Karang Tepi (fringing reefs)
Terumbu karang jenis ini terletak di tepi pantai pulau-pulau besar. Karang ini bertumbuh semakin ke permukaan laut dan terus menuju ke laut lepas, dalam perkembangannya karang ini terus mengelilingi pulau yang ada di sekitarnya. Contoh dari karang ini adalah Bunaken(Sulawesi), Pulau Panaitan(Banten), Nusa Dua(Bali).


2. Terumbu Karang Penghalang ( Barrier Reefs )
Karang penghalang umumnya tumbuh di pesisir pulau yang sangat besar atau benua. Dan berada lebih jauh dari karang tepi. karang ini berguna untuk penahan gelombang laut serperti yang terkenal adalah Great Barrier Reef di Australi.



3. Terumbu Karang Cincin ( Atolls )
Terumbu karang ini berbentuk cincin, dan biasanya mengelilingi pulau vulkanik yang sudah tenggelam sehingga tidak memiliki batasan dengan daratan. Contohnya Maratua (Kalimantan Selatan), Mapia (Papua).


4. Terumbu Karang Datar ( Patch Reefs )
Terumbu karang ini tumbuh dari dasar laut sampai ke permukaan laut dalam kurun waktu yang lama, terumbu karang jenis ini membantu pembentukan pulau datar. Contohnya Kep. Seribu.


gambar : image.google.co.id
sumber ide : id.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar